Powered by TripAdvisor

Rabu, 24 November 2010

Seminar Ilmiah Sehari "Pemberian Vaksin Pada Ibu dan Bayi Menuju Keluarga Sehat Investasi Bangsa"

Dalam Rangka Hari Kesehatan Nasional ke- 46 Tahun 2010 di Kabupaten Klungkung dikaitkan dengan Hari Ulang Tahun RSU Bintang ke-5 tahun 2010, Panitia Peringatan HKN ke-46 tahun 2010 bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, RSU Bintang, PT. Askes Cabang Klungkung dan IDI Cabang Klungkung menyelenggarakan kegiatan Seminar Ilmiah Sehari "Pemberian Vaksin Pada Ibu dan Bayi Menuju Keluarga Sehat Investasi Bangsa" pada hari Rabu tanggal 24 Nopember 2010 bertempat di RSU Bintang Kabupaten Klungkung. Acara Seminar diawali dengan Laporan Ketua Panitia Peringatan HKN dilanjutkan dengan Sambutan Bapak Bupati Klungkung yang dibacakan oleh Bapak Asisten II Setda Kabupaten Klungkung sekaligus membuka acara Seminar secara resmi.

Dalam acara seminar bertindak sebagai Moderator adalah Dr. Ida Bagus Sukadana, SpOG didampingi Drg. I G. A. Ratna Dwijawati sebagai Sekretaris, dengan menghadirkan 2 pembicara yaitu : Dr. I Gst. Ngr. Sudiana, SpA (Bagian Penyakit Anak RSUD Klungkung) dan Prof. Dr. dr. Ketut Suwiyoga, SpOG(K) (Bagian/SMF Obstetri dan Ginekologi FK. UNUD/RSUP. Sanglah Denpasar).

Bahwa pemeberian imunisasi dasar pada bayi sangat penting dan efektif diberikan sampai umur 11 bulan (sesuai dengan jadwal pemberian) dan diupayakan pada saat pemeberian imunisasi kondisi bayi dalam keadaan benar-benar sehat, untuk dapat memberikan kekebalan secara maksimal kepada bayi bersangkutan terhadap penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi tersebut (oleh pembicara : Dr. I Gst. Ngr. Sudiana, SpA). Sedangkan bagi ibu-ibu (perempuan) yang sangat beresiko terkena kanker serviks, yang terpenting adalah telah ditemukannya vaksin yang dapat mencegahan kanker leher rahim (kanker serviks). Bahwa vaksinasi (pemberian vaksin) merupakan upaya pencegahan primer untuk mencegah terjadinya infeksi infeksi HPV (Human Papiloma Virus) tipe 16 dan 18 penyebab utama kanker serviks (oleh pembicara : Prof. Dr. dr. Ketut Suwiyoga, SpOG(K).

Demikian terungkap dihadapan para peserta yang berjumlah sekitar 216 orang yang berasal dari berbagai perwakilan, baik Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, RSUD Klungkung, RSU Bintang, RSAI Permatahati, dan UPT Puskesmas se Kabupaten Klungkung serta undangan lainnya.

Pada akhir acara seminar dilanjutkan dengan penyerahan Piala, Piagam dan Hadiah bagi para pemenang lomba dalam kegiatan Peringatan HKN ke-46 tahun 2010, serta penarikan undian Door Price bagi peserta Seminar. Dan acara diakhiri dengan makan siang bersama.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar